KUALIFIKASI & PERSYARATAN

Program studi yang disediakan di STT Bandung dikhususkan bagi calon mahasiswa yang sudah / telah menyelesaikan pendidikan SMU dan yang sederajat dan lulusan S1 untuk calon mahasiswa S2. Lulusan SMU atau S1 yang dimaksud adalah lulusan dari sebuah sekolah/universitas yang terdaftar/diakui oleh pemerintah. Untuk calon mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan umum lainnya (seperti B.A., M.A., dst) di luar Indonesia, STT Bandung akan mempertimbangkan penerimaan calon mahasiswa tersebut kasus per kasus.

 

[ KUALIFIKASI/SYARAT PESERTA DIDIK ]

Program Studi S.Th.

  • Lulus SMA atau SMK dengan minimal usia 18 tahun.
  • Memiliki panggilan yang jelas untuk melayani sebagai hamba Tuhan penuh waktu dalam konteks gereja.

Program Studi S.Pd.

  • Lulus SMA atau SMK dengan minimal usia 18 tahun.
  • Memiliki panggilan yang jelas untuk melayani sebagai guru Kristen.

Program Studi M.Th.

  • Lulusan program S.Th./M.Div. atau S1 umum.
  • Telah memiliki pengalaman pelayanan 2 (dua) tahun atau mendapatkan rekomendasi dari gereja atau lembaga yang dilayaninya.
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik (nilai TOEFL paper based minimal 450 atau IELTS 5.0)

Program Studi M.Pd.

  • Lulus S1 (semua jurusan)
  • Telah memiliki pengalaman pelayanan di gereja ataupun sekolah minimal 2 (dua) tahun serta mendapatkan rekomendasi dari gereja atau lembaga yang dilayaninya.
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik (nilai TOEFL paper based minimal 450 atau IELTS 5.0)

Program Studi M.Min. Pastoral Leadership

  • Lulus S.Th. (Sarjana Teologi) atau M.Div. (Magister Divinitas)
  • Telah memiliki pengalaman pelayanan di gereja minimal 2 (dua) tahun serta mendapatkan rekomendasi dari gereja atau lembaga yang dilayaninya.
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik (nilai TOEFL paper based minimal 450 atau IELTS 5.0)

Program Studi M.Min. Pelayanan Marketplace

  • Lulus S1 semua jurusan.

[ PROSEDUR PENDAFTARAN dan KELENGKAPAN]

  • 1. Melakukan pendaftaran awal ke sistem admisi online dengan mengakses alamat sis.sttb.ac.id/pmb.
  • 2. Mengunduh melalui sistem (atau mengambil ke Kantor STT Bandung) dan mengisi 1 set formulir pendaftaran yang terdiri dari:
    • Formulir Pendaftaran
    • Formulir Kesaksian A (mengenai pertobatan pribadi)
    • Formulir Kesaksian B (mengenai keterlibatan dalam pelayanan)
    • Formulir Rekomendasi 1 (dari gembala sidang/pembina rohani)
    • Formulir Rekomendasi 2 (dari sahabat, teman/rekan kerja)
    • Formulir Rekomendasi 3 (dari guru, dosen/atasan)
    • Formulir Data Kesehatan
    • Formulir Data Keluarga
    • Formulir Konfirmasi Dukungan Pembiayaan Studi
  • 3. Melampirkan:
    • Fotocopy Akte Kelahiran
    • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 (2 lembar)
    • Fotocopy Surat Kelulusan, Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) / ijazah dan Raport terakhir yang dilegalisir
    • Fotocopy Kartu BPJS atau Kartu Indonesia Sehat atau Asuransi Kesehatan. Bila tidak memiliki keduanya maka harus menyertakan surat pernyataan dari orang tua bahwa orang tua akan menanggung biaya kesehatan atau pengobatan calon mahasiswa
    • Bagi mahasiswa pindahan dari STT lainnya wajib menyerahkan surat pindah/keluar dari STT tersebut dan menyerahkan transkrip terakhir
    • Fotocopy surat baptis dan surat sidi
  • 4. Menyerahkan 1 paper akademik (minimal 30 halaman, dengan format penulisan sesuai aturan karya ilmiah yang berlaku).(khusus Program Studi M.Th, M.Min. Pastoral Leadership., M.Pd.)
  • 5. Membayar biaya formulir pendaftaran sebesar Rp500,000.- (wajib ditransfer ke rekening BCA an. Yayasan STT Bandung, ac: 282 300 5555). Biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan.
  • 6. Mengirimkan berkas-berkas pada nomor 1-3 (sudah lengkap) beserta bukti transfer pada nomor 4 ke alamat STT Bandung dan ditujukan kepada “Bagian Admisi STT Bandung” sebelum periode pendaftaran berakhir.
  • 7. Mengikuti Tes Penerimaan Mahasiswa Baru yang meliputi:
    • Pengetahuan Teologi
    • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Inggris
    • Psikotes Tertulis dan Online
    • Wawancara
  • Catatan:
    • Bila biaya studi tidak didanai sponsor maka form Konfirmasi Biaya Studi diisi menggunakan nama sendiri/orang tua.
    • Formulir Rekomendasi 1, 2, dan 3 diisi oleh pemberi rekomendasi dan diserahkan/ dikirimkan langsung kepada kami oleh yang bersangkutan. Form dapat dikirimkan via pos ke alamat STT Bandung atau email ke Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. . Bila form rekomendasi tidak bisa dkirimkan oleh yang bersangkutan maka form dapat diberikan kepada calon mahasiswa dalam amplop tertutup dan disertakan dalam berkas pendaftaran yang dikembalikan ke STT Bandung.
    • Bagi calon mahasiswa yang berasal dari luar Bandung disediakan fasilitas asrama untuk menginap selama tes seleksi masuk berlangsung (terbatas) dengan biaya Rp 150,000.-/hari (termasuk konsumsi 3 kali/hari). Pemesanan kamar dilakukan maksimal seminggu sebelum tes dimulai.
    • Informasi selengkapnya mengenai prosedur pendaftaran dapat diakses melalui alamat website http://sttb.ac.id/admisi/informasi-pendaftaran.

Kontak Info

Jalan Dr. Junjunan No. 105
Bandung 40173, Indonesia
ph : (+62) 22 601 - 6454
fax : (+62) 22 607 - 7921
WA : (+62) 81 57 33 60009
e-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.