Menghadirkan Blended Learning dalam Pendidikan Teologi

Views :652 Times

Merebaknya pandemi Covid-19 awal tahun 2020, siapakah yang telah memprediksinya? Tak seorang pun. Kita semakin disadarkan bahwa memang kita sedang berada dalam era disruptif yang disebut V.U.C.A. (Volatility = kondisi bergejolak; Uncertainty = ketidakpastian; Complexity = kompleksitas; dan Ambiguity = ketidakjelasan). Satryo Soemantri Brodjonegoro (2020) mengatakan bahwa sejak pandemi seluruh tatanan kehidupan diluluhlantakkan dan tatanan pembelajaran berubah total dari konvensional menjadi online. Perubahan serentak ini tentunya tidak disertai dengan kesiapan dari pihak pendidik—guru, dosen, dan orangtua, bahkan peserta didik. Ada yang mempopulerkan singkatan O2O (Offline to Online) di masa pandemi. Apakah akan menjadi terbalik (Online to Offline) saat memasuki new normal?

Lahirnya Normal Baru di Keluarga, Sekolah, dan Gereja

Views :907 Times

Sejak pandemi Covid-19 dinyatakan menyebar ke Indonesia, demi memutuskan rantai penyebaran, pemerintah menetapkan berbagai aturan yang pada puncaknya adalah menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai daerah di tanah air. Sebagai akibatnya, terjadi perubahan pola hidup dan bahkan cara berpikir pada sebagian masyarakat. Berbagai kegiatan dan rutinitas yang berjalan normal harus mengalami disrupsi dengan sementara dihentikan atau diganti dengan berbagai pola yang baru. Setelah dua bulan berjalan, pemerintahpun bersiap untuk menghentikan PSBB dan mengajak kita semua agar hidup dalam normal-normal yang baru. Pandemik Covid-19 mungkin tidak akan pernah berlalu atau membutuhkan waktu yang sangat lama untuk benar-benar musnah, sementara ada begitu banyak hal yang tidak dapat menunggu.

Menjalani Kehidupan di Era “NEW NORMAL”

Views :1611 Times

Manusia diciptakan untuk menjadi subyek perubahan, bukan sebaliknya. Sebagai makhluk yang diciptakan segambar dengan Allah, dan diberi tugas untuk meneruskan karya Allah dalam mengembangkan peradaban (Kej 1:27-28), manusia diberikan kemampuan untuk berpikir, mempelajari dan mengelola situasi yang terus berubah, dan mengembangkannya lebih jauh.

Kontak Info

Jalan Dr. Junjunan No. 105
Bandung 40173, Indonesia
ph : (+62)22 601 - 6454
fax : (+62)22 607 - 7921
WA : (+62)815 7336 0009
e-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.