INTEGRASI IMAN DAN ILMU: MENUJU PENDEKATAN YANG LEBIH HOLISTIK

Views :263 Times

Integrasi iman dan ilmu atau umum dikenal dengan istilah integration of faith and learning (selanjutnya disingkat integrasi) adalah topik yang popular di kalangan pendidik Kristen, baik di ranah pendidikan dasar maupun perguruan tinggi. Integrasi tidak lagi sekedar ide ataupun konsep abstrak, tetapi para tokoh dan pendidik Kristen berusaha menerjemahkannya ke dalam pembelajaran di kelas. Ada yang memahami integrasi dengan menambahkan ayat-ayat ke dalam topik-topik pelajaran. Ada juga yang menambahkan ibadah, doa, renungan pagi, dan renungan sebagai manifestasi integrasi. Apakah sebenarnya esensi integrasi? Bagaimanakah asal usul dan konteks historisnya? Bagaimanakah konsep dan model integrasi yang sering diperbincangkan dalam dunia akademik? Bagaimanakah implementasinya?

Pendidikan Teologi Di Tengah Dunia Yang Sedang Berubah

Views :860 Times

Kita hidup di tengah dunia yang terus berubah, karena perkembangan adalah bagian dari rancangan Allah bagi dunia ciptaan-Nya (Kej 1:27-28). Demikian juga perkembangan teknologi berpengaruh pada pendidikan teologi di sepanjang zaman hingga di era digital saat ini. Pada saat yg sama kita juga hidup di tengah dunia yang dari waktu ke waktu mengalami disruption karena tatanan shalom yang terkoyak setelah manusia jatuh dalam dosa (Kej 3). Bencana alam, peperangan, dan wabah penyakit seringkali mempengaruhi refleksi teologis dan proses pendidikan teologi di sepanjang zaman.

Menghadirkan Blended Learning dalam Pendidikan Teologi

Views :1346 Times

Merebaknya pandemi Covid-19 awal tahun 2020, siapakah yang telah memprediksinya? Tak seorang pun. Kita semakin disadarkan bahwa memang kita sedang berada dalam era disruptif yang disebut V.U.C.A. (Volatility = kondisi bergejolak; Uncertainty = ketidakpastian; Complexity = kompleksitas; dan Ambiguity = ketidakjelasan). Satryo Soemantri Brodjonegoro (2020) mengatakan bahwa sejak pandemi seluruh tatanan kehidupan diluluhlantakkan dan tatanan pembelajaran berubah total dari konvensional menjadi online. Perubahan serentak ini tentunya tidak disertai dengan kesiapan dari pihak pendidik—guru, dosen, dan orangtua, bahkan peserta didik. Ada yang mempopulerkan singkatan O2O (Offline to Online) di masa pandemi. Apakah akan menjadi terbalik (Online to Offline) saat memasuki new normal?

Kontak Info

Jalan Dr. Junjunan No. 105
Bandung 40173, Indonesia
ph : (+62)22 601 - 6454
fax : (+62)22 607 - 7921
WA : (+62)815 7336 0009
e-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.