Semua Karena Campur Tangan Tuhan

Views :6272 Times

Sekolah Tinggi Teologi Bandung (STTB) adalah lembaga yang Tuhan pakai untuk memperlengkapi dan membentuk saya dalam memenuhi panggilan menjadi seorang hamba Tuhan. Saya masuk ke STTB tahun 2008 dan saat ini telah menyelesaikan masa praktik satu tahun. Semua pengalaman yang saya dapatkan selama menempuh studi di STTB merupakan bagian di mana saya mengalami pembentukan dari Tuhan. Saya harus mengakui bahwa dapat menyelesaikan studi di STTB bukanlah satu hal yang mudah.

Kendala yang saya alami pada awal masuk STTB adalah beradaptasi dengan pola belajar. Karena pola belajar yang saya terima di jenjang pendidikan sebelumnya berbeda dengan pola belajar yang diterapkan di STTB. Hal ini berdampak dalam pengerjaan tugas-tugas kuliah yang diberikan para dosen. Kendala ini saya alami pada saat awal memulai perkuliahan dan saya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyesuaikan diri.

Saya percaya Tuhan Yesus memampukan dan memberikan kekuatan kepada saya untuk menjalaninya dengan baik. Saya merasakan pemeliharaan-Nya melalui orang-orang yang ada di sekitar saya. Para dosen yang mengajar menjadi salah satu bagian yang Tuhan pakai untuk dapat menolong saya. Dalam segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh mereka, saya tetap bisa belajar dari mereka. Selain memberikan kuliah di kelas, para dosen juga memberikan waktu dan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mendapatkan bimbingan lebih khusus, baik berkaitan dengan mata kuliah yang diajarkan ataupun tentang hal yang lain. Selain itu, dalam kesempatan tertentu seperti pada saat perwalian, para dosen juga berbagi cerita akan kehidupan serta pengalaman mereka. Baik itu pengalaman dalam keluarga, mengajar, pelayanan dan pengalaman-pengalaman yang lainnya. Dari hal-hal seperti ini, saya merasa apa yang dibagikan membantu saya dapat untuk beradaptasi dengan pola belajar yang ada.

Selain itu dukungan dari teman-teman di STTB juga menjadi alat yang Tuhan pakai untuk menolong saya keluar dari kesulitan beradaptasi dengan pola belajar yang ada. Secara khusus saya bersyukur untuk semua teman seangkatan saya, kami dapat berbagi pengalaman dan juga dapat saling bertukar pikiran. Apa yang diberikan oleh teman-teman tersebut sangat membantu saya selama berada di STTB.

Namun ini bukan berarti bahwa saya dapat dengan mudah menjalin relasi dengan teman-teman lain. Kami yang datang ke STTB memiliki latar belakang yang berbeda, mulai dari perbedaan suku, budaya serta kebiasaan. Dengan perbedaan-perbedaan yang saya jumpai tersebut, menimbulkan kesulitan tersendiri bagi saya untuk dapat menjalin relasi dengan mereka. Bahkan pernah juga perbedaan yang ada menyebabkan timbulnya konflik antara saya dengan teman yang lain. Seiring berjalannya waktu, saya menyadari bahwa saya harus belajar untuk menerima setiap perbedaan yang ada dan tidak membiarkan perbedaan tersebut menjadi penghambat untuk saya dapat menjalin relasi ataupun untuk menyelesaikan studi di STTB. Justru dengan perbedaan yang ada, saya menemukan banyak hal baru yang tentunya bermanfaat bagi saya.

Kendala lain yang saya jumpai selama berada di STTB pada akhirnya menjadi berkat dan pengalaman yang berharga bagi saya. Kendala-kendala tersebut membentuk saya selama menjalani studi terlebih karena campur tangan Tuhan di dalamnya. Berkat lain yang juga saya rasakan, adalah ketika saya diberikan kesempatan untuk terlibat dalam senat mahasiswa dan masuk menjadi panitia sejumlah acara yang dilaksanakan STTB. Dari sini saya belajar cara berorganisasi dan bekerja sama dengan orang lain dalam sebuah tim atau kelompok. Pengalaman ini tentunya menjadi bekal yang sangat berharga bagi pelayanan saya dikemudian hari.

Hal lain yang menjadi berkat, adalah ketika diberi kesempatan untuk melakukan pelayanan weekend dan praktik pelayanan jemaat selama dua bulan dan satu tahun. Melalui pengalaman pelayanan ini saya diperlengkapi untuk melayani Tuhan. Tuhan memakai kesempatan ini untuk mengasah kemampuan saya dan menolong saya untuk mengenal kemampuan yang saya miliki.

Hal lain yang menjadi berkat, adalah ketika diberi kesempatan untuk melakukan pelayanan weekend dan praktik pelayanan jemaat selama dua bulan dan satu tahun. Melalui pengalaman pelayanan ini saya diperlengkapi untuk melayani Tuhan. Tuhan memakai kesempatan ini untuk mengasah kemampuan saya dan menolong saya untuk mengenal kemampuan yang saya miliki. Dan melalui kesempatan ini mendorong saya untuk mengembangkan kemampuan yang saya miliki untuk menjadi lebih baik lagi dalam pelayanan saya di masa yang akan datang.

Selama di STTB, banyak hal yang saya terima dan saya pelajari. Saya yakin bahwa dalam kesemuanya ini ada campur tangan Tuhan di dalamnya. Saat ini saya dapat menyelesaikan studi di STTB, semua itu adalah karena Tuhan yang selalu menolong dan memberikan kekuatan kepada saya. Saya juga belajar banyak hal, dari pengalaman orang-orang yang saya jumpai di STTB. Setiap mereka memberikan warna tersendiri dalam kehidupan saya. Dalam segala kekurangan dan kelebihan yang Tuhan berikan dalam diri saya, Tuhan memakai semuanya itu untuk membentuk saya menjadi lebih baik lagi.

Saya akan selalu mengingat setiap pengalaman selama studi di STTB, menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi pelayanan saya kini maupun untuk masa yang akan datang. Saya bersyukur diberi kesempatan menempuh pendidikan di STTB, saya bersyukur untuk setiap orang yang terlibat dalam proses pembentukan saya menjadi pribadi seperti saat ini. Terlebih lagi saya bersyukur karena Tuhan Yesus Kristus senantiasa memberikan anugerah-Nya, kekuatan serta kemampuan kepada saya menyelesaikan studi di STTB.

Dalam setiap hal yang dilakukan, biarlah hanya nama Tuhan Yesus Kristus yang ditinggikan dan dimuliakan. ***

Riyo

Program Sarjana Teologi( S.Th. )

Angkatan 2008

Lulusan S.Th. tahun 2013

Kontak Info

Jalan Dr. Junjunan No. 105
Bandung 40173, Indonesia
ph : (+62) 22 601 - 6454
fax : (+62) 22 607 - 7921
WA : (+62) 81 57 33 60009
e-mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.