English English Bahasa Indonesia Indonesia

Magister Pendidikan Kristen

Program studi ini ditujukan untuk meperlengkapi pendidik Kristen yang melayani sebagai pemimpin dan perancang pendidikan Kristen dalam konteks gereja, sekolah, dan lembaga pelayanan Kristen lainnya

M.Pd.

Profil Lulusan

Transformative Educational Leaders

  • Informed

Pembelajar yang berpola pikir integratif dan berkontribusi pada perkembangan dunia pendidikan.

  • Transformed

Pendidik Kristen yang memiliki fondasi spiritualitas yang kokoh dan matang.

  • Transformative

Pemimpin dan perancang strategi pendidikan Kristen yang transformatif.

PROGRAM

STUDI

Sarjana Teologi

Sarjana Pendidikan Kristen

Magister Teologi

Magister Pendidikan Kristen

Magister Ministri Marketplace

KATEGORI Mata Kuliah

  • Mata Kuliah Matrikulasi

(12 SKS)

  • Mata Kuliah Inti

(38 SKS)

  • Mata Kuliah Pilihan: Pembelajaran

(7 SKS)

  • Mata Kuliah Pilihan: Kepemimpinan

(7 SKS)

MAGISTER Pendidikan Kristen

Informasi Perkuliahan

Persyaratan

  1. Lulus program S1 (semua jurusan)
  2. Memiliki pengalaman pelayanan di sekolah/gereja/lembaga Kristen minimal 2 tahun.
  3. Memiliki kemampuan dasar Bahasa Inggris yang baik, terutama membaca dan memahami teks berbahasa Inggris.
  4. Memenuhi seluruh prosedur pendaftaran yang berlaku di STTB.

Jumlah Kredit

45 sks bagi lulusan S.Th.
45 sks + 12 sks matrikulasi bagi lulusan S1 non-teologi

Masa Studi

2- 3 tahun

Keterangan

  • Kuliah dimulai pada bulan Agustus (semester ganjil).
  • Kuliah dilakukan secara intensif pada hari Senin-Jumat, pk. 14.30 – pk. 21.00. (perbulan biasanya 5 hari kuliah)*

*Jadwal dapat berubah dengan pemberitahuan sebelumnya.

Daftar Mata Kuliah

Matrikulasi

Mata Kuliah
1
Prolegomena (Pengantar Teologi Sistematika)
2
Fondasi Perjanjian Baru
3
Fondasi Perjanjian Lama
4
Hermeneutika
Total
SKS
1
3
2
3
3
3
4
3
12

Pilihan: Pembelajaran

Mata Kuliah
1
Teori dan Praktek Pembelajaran
2
Desain Strategi dan Media Pendidikan
3
Mata kuliah pilihan (mengikuti mata kuliah di prodi S2 lain di STTB)
Total
SKS
1
3
2
2
3
2
7

Pilihan: Kepemimpinan

Mata Kuliah
1
Konteks Pendidikan Nasional
2
Kepemimpinan & Manajemen Pendidikan
3
Mata Kuliah Pilihan (mengikuti mata kuliah di prodi S2 lain di STTB)
Total
SKS
1
2
2
3
3
2
7

Inti

Mata Kuliah
1
Teologi Natur Manusia
2
Sejarah, Filosofi dan Teologi Pendidikan Kristen
3
Psikologi Perkembangan Masa Hidup
4
Transformasi Spiritualitas Pendidikan
5
Pengembangan Kurikulum
6
Evaluasi Pertumbuhan Pembelajar
7
Penulisan Ilmiah Akademik
8
a. Metodologi Penelitian Kuantitatif
9
b. Metodologi Penelitian Kualitatif
10
Pendidikan Berbasis Keluarga
11
Isu-Isu Kontemporer dalam Pendidikan
12
Desain Inovatif Pendidikan Kristen di Sekolah dan Gereja
13
Proposal
14
Tesis
Total
SKS
1
3
2
3
3
3
4
3
5
3
6
2
7
3
8
3
9
3
10
3
11
2
12
2
13
2
14
6
38

Matrikulasi

Mata Kuliah / SKS
Prolegomena (Pengantar Teologi Sistematika)
3
Fondasi Perjanjian Baru
3
Fondasi Perjanjian Lama
3
Hermeneutika
3
Total
12

Pilihan: Pembelajaran

Mata Kuliah / SKS
Teori dan Praktek Pembelajaran
3
Desain Strategi dan Media Pendidikan
2
Mata kuliah pilihan (mengikuti mata kuliah di prodi S2 lain di STTB)
2
Total
7

Pilihan: Kepemimpinan

Mata Kuliah / SKS
Konteks Pendidikan Nasional
2
Kepemimpinan & Manajemen Pendidikan
3
Mata Kuliah Pilihan (mengikuti mata kuliah di prodi S2 lain di STTB)
2
Total
7

Inti

Mata Kuliah / SKS
Teologi Natur Manusia
3
Sejarah, Filosofi dan Teologi Pendidikan Kristen
3
Psikologi Perkembangan Masa Hidup
3
Transformasi Spiritualitas Pendidikan
3
Pengembangan Kurikulum
3
Evaluasi Pertumbuhan Pembelajar
2
Penulisan Ilmiah Akademik
3
a. Metodologi Penelitian Kuantitatif
3
b. Metodologi Penelitian Kualitatif
3
Pendidikan Berbasis Keluarga
3
Isu-Isu Kontemporer dalam Pendidikan
2
Desain Inovatif Pendidikan Kristen di Sekolah dan Gereja
2
Proposal
2
Tesis
6
Total
38

Mata Kuliah Matrikulasi

Prolegomena (Pengantar Teologi Sistematika) (3 SKS)

Kuliah ini merupakan pengantar kepada teologi sistematika yang mempelajari intisari dan doktrin-doktrin dasar kekristenan: Doktrin Allah, Manusia dan Dosa, Kristus, Keselamatan, Roh Kudus, Gereja dan Akhir Zaman.

Fondasi Perjanjian Baru (3 SKS)

Studi kitab-kitab PB, dengan perhatian khusus atas latar belakang sejarah dan budaya, penulis, pembaca pertama, tema utama, dan teologi dari kitab-kitab PB, sebagai landasan bagi pengembangan sudut pandang Alkitabiah (biblical worldview) dalam menyikapi berbagai tantangan dalam kehidupan Kristen di masa kini di dunia kerja (marketplace).

Fondasi Perjanjian Lama (3 SKS)

Studi kitab-kitab PL, dengan perhatian khusus atas latar belakang sejarah dan budaya, penulis, pembaca pertama, dan tema-tema utama kitab-kitab PL, sebagai landasan bagi pengembangan sudut pandang Alkitabiah (biblical worldview) dalam menyikapi berbagai tantangan dalam kehidupan Kristen di masa kini di dunia kerja (marketplace).

Hermeneutika (3 SKS)

Studi tentang prinsip-prinsip penafsiran Alkitab dan penerapan praktis dalam hidup keseharian, sesuai dengan konteks literatur dan historical-grammatical tiap bagian teks yang dipelajari.

Mata Kuliah Inti

Teologi Natur Manusia (3 SKS)
Mengupas natur manusia dari dimensi struktural dan fungsionalnya dengan menerapkan pendekatan integratif antara teologi dengan ilmu-ilmu pengetahuan lainnya, agar memahami kapasitas, kompleksitas dan interrelasi antar setiap aspek kehidupan manusia. Pemahaman ini berimplikasi pada signifikansi hubungan mengenal dan dikenal antara pendidik dengan peserta didik sebagai manusia pembelajar yang ditransformasi untuk menjadi serupa gambar-Nya yang mulia.
Sejarah, Filosofi dan Teologi Pendidikan Kristen (3 SKS)
Mempelajari perkembangan sejarah pendidikan Kristen mulai dari awal mula pendidikan Yahudi sebagai akar pendidikan Kristen hingga pendidikan zaman modern sekarang ini. Pembahasan mencakup karakteristik dan pergumulan dari setiap zaman yang ditandai dengan munculnya para tokoh pendidikan Kristen beserta dengan filosofi dan teologi di dalamnya. Perhatian khusus diberikan untuk perkembangan pendidikan Kristen dalam konteks keluarga, gereja, dan sekolah.
Psikologi Perkembangan Masa Hidup (3 SKS)
Mempelajari teori-teori perkembangan masa hidup dari aspek kognitif, sosial emosional, moral, religius, dan vokasional dan implikasinya terhadap praktek pendidikan Kristen.
Transformasi Spiritualitas Pendidikan (3 SKS)

Menekankan perjalanan dan transformasi spiritualitas pendidik (spiritual journey and renewal) dikaitkan dengan prakteknya di ladang pelayanan (sekolah/gereja/rumah). Studi ini mengarahkan lebih pada pembentukan kedewasaan spiritual yang utuh dan bagaimana mengalami pembaharuan spiritual secara berkelanjutan.

Pengembangan Kurikulum (3 SKS)
Mempelajari tentang prinsip pengembangan kurikulum dalam ranah pendidikan formal, non-formal, dan informal agar dapat mengembangkan keterampilan merancang dan/atau mengevaluasi sebuah kurikulum yang berbasis Alkitab dan yang merupakan praktek nyata dari konsep filosofis pendidikan sebuah organisasi.
Evaluasi Pertumbuhan Pembelajar (2 SKS)
(Prasyarat: diambil setelah mengambil matakuliah Pengembangan Kurikulum) Mempelajari asesmen dalam Pendidikan Kristen untuk mengumpulkan informasi dan bukti-bukti yang cukup guna mengukur ketercapaian dari tujuan pembelajaran (learning outcomes) yang ditetapkan. Mata kuliah ini juga menekankan aspek pertumbuhan secara menyeluruh dari seorang pembelajar.
Penulisan Ilmiah Akademik (3 SKS)
Kuliah ini akan membantu mahasiswa untuk dapat melakukan riset literatur yang baik bagi penulisan tugas paper dan tugas akhir serta menuliskannya dengan terstruktur sehingga dapat dipublikasikan dalam publikasi ilmiah.
a. Metodologi Penelitian Kuantitatif (3 SKS)
Mempersiapkan mahasiswa untuk mengadakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode statistik dalam penyusunan tesis.
*Mata kuliah ini akan dilaksanakan secara bergantian dan bisa diambil setelah mahasiswa menyelesaikan mata kuliah Penulisan Ilmiah Akademik.
b. Metodologi Penelitian Kualitatif (3 SKS)
Mata kuliah Metode Penelitian Kualitatif menolong peserta didik untuk memahami landasan teoritis dan memperoleh ketrampilan praktis dalam melakukan riset ilmiah dengan pendekatan kualitatif dalam konteks pendidikan Kristen. Materi pembelajaran mencakup pemahaman tentang apa itu riset kualitatif, jenis-jenis riset kualitatif, metode pengumpulan dan analisis data, serta penyajian hasil temuan dalam kaitan dengan teori dan penelitian terdahulu maupun implikasi praktis.
*Mata kuliah ini akan dilaksanakan secara bergantian.
Pendidikan Berbasis Keluarga (3 SKS)
Mempelajari tentang pentingnya pendidikan berbasis keluarga serta kolaborasinya dengan pendidikan di sekolah dan gereja dalam membentuk kehidupan anak yang berdampak bagi dirinya, keluarga dan dunia sekitarnya.
Isu-Isu Kontemporer dalam Pendidikan (2 SKS)
Mempelajari isu-isu kontemporer yang relevan untuk pengembangan pendidikan Kristen di Indonesia.
Contoh:
• Pendidikan lintas generasi
• Pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus
• Pendidikan dengan platform digital
• Resiliensi pendidikan anak di masa pandemik
Desain Inovatif Pendidikan Kristen di Sekolah dan Gereja (2 SKS)
Mempelajari pentingnya keterpaduan dan keselarasan antara dasar konseptual dengan praktek pendidikan. Mata kuliah ini akan memperlengkapi pemimpin dan perancang pendidikan Kristen untuk mengembangkan sebuah filosofi pendidikan Kristen yang utuh dan inovatif dalam menjalankan misi Tuhan dan menghadapi tantangan zaman.
*Mata kuliah ini dapat diambil setelah mahasiswa menyelesaikan semua mata kuliah (wajib, khusus, dan pilihan).
Proposal Tesis (2 SKS)
Sebuah penelitian dalam salah satu bidang studi yang menjadi ketertarikan mahasiswa, khususnya yang dianggap aktual untuk pergumulan dunia pendidikan Kristen di Indonesia masa kini, di bawah bimbingan seorang dosen pembimbing dengan memanfaatkan ilmu yang diperoleh selama studi. Penelitian ini dapat memilih model berikut: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (Action Research), Proyek Kreatif (jalur non penelitian).
Tesis (6 SKS)
Sebuah penelitian dalam salah satu bidang studi yang menjadi ketertarikan mahasiswa, khususnya yang dianggap aktual untuk pergumulan dunia pendidikan Kristen di Indonesia masa kini, dibawah bimbingan seorang dosen pembimbing dengan memanfaatkan ilmu yang diperoleh selama studi. Penelitian ini dapat memilih model berikut: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan (Action Research), Proyek Kreatif (jalur non penelitian).

Mata Kuliah Pilihan: Pembelajaran

Teori dan Praktek Pembelajaran (3 SKS)
Mempelajari tentang definisi belajar, proses belajar, persiapan belajar dan tujuan belajar, juga hambatan dalam belajar. Dengan menerapkan pendekatan Kristiani, semua unsur belajar ini akan dibahas berdasarkan perspektif dunia Pendidikan dan prinsip-prinsip kebenaran Firman Tuhan.
Desain Strategi dan Media Pendidikan (2 SKS)
Mempelajari tentang beberapa model pengajaran yang utama. Membahas model pengajaran sebagai strategi pengajaran yang didesain untuk menolong nara didik mengembangkan totalitas potensi pribadinya, mempertajam kompetensi berpikir kritis yang berdasarkan pada kebenaran, serta membangun keterampilan sosial dalam tingkah laku yang bijaksana
Mata Kuliah Pilihan (2 SKS)
Mahasiswa mengikuti kuliah dari prodi lain (pada jenjang magister) sesuai dengan minat yang akan memperkaya wawasan dan mengembangkan kompetensinya sebagai pendidik Kristen.

Mata Kuliah Pilihan: Kepemimpinan

Konteks Pendidikan Nasional (2 SKS)
Kuliah ini menolong mahasiswa untuk memahami regulasi pendidikan nasional yang berlaku di Indonesia dan mengembangkan implementasinya sesuai keragaman konteks sosial dan budaya setempat serta sesuai dengan visi misi pendidikan Kristen.
Kepemimpinan & Manajemen Pendidikan (3 SKS)
Mempelajari tentang prinsip-prinsip kepemimpinan dan manajemen umum yang diterapkan dalam lembaga pendidikan Kristen formal di sekolah dan nonformal di gereja sebagai pengemban misi Tuhan di dunia ini. Fokus utama dari mata kuliah ini lebih ke arah pemahaman tentang pentingnya peran pemimpin dalam menjawab tantangan dunia pendidikan di era global abad ke-21 ini.
Mata Kuliah Pilihan (2 SKS)
Mahasiswa mengikuti kuliah dari prodi lain (pada jenjang magister) sesuai dengan minat yang akan memperkaya wawasan dan mengembangkan kompetensinya sebagai pendidik Kristen.