English English Bahasa Indonesia Indonesia

Prosedur Penerimaan

Mahasiswa

JADWAL

FAQ

PERSYARATAN

Prosedur Penerimaan

Mahasiswa 

JADWAL

PERSYARATAN

FAQ

01. Memperoleh Form

02. Mengirimkan Form & Berkas

03. Membayar Biaya Daftar & Tes

04. Mengikuti Tes Masuk Secara Online

05. Pengumuman & Konfirmasi

5
TAHAP 1
Memperoleh Formulir Pendaftaran
5
TAHAP 2
Mengirim Form & Berkas
5
TAHAP 3
Mendapatkan Formulir Pendaftaran
5
TAHAP 4
Mengikuti Tes Seleksi Penerimaan
5
TAHAP 5
Pengumuman Penerimaan & Konfirmasi MABA

TAHAP  1

Memperoleh formulir pendaftaran

Melakukan pendaftaran awal ke sistem admisi online dengan mengakses alamat sis.sttb.ac.id/pmb.

Melakukan pendaftaran awal ke sistem admisi online dengan mengakses alamat sis.sttb.ac.id/pmb.
  • Setelah mengisi data, maka formulir dapat diunduh di halaman situs berikutnya.
  • Foto yang dilampirkan harus berbentuk format JPEG dan ukuran tidak lebih dari 400 kb
  • Jangan menggunakan tanda koma atau tanda baca apapun dalam teks yang diketik.
Form pendaftaran juga dapat diminta dengan menghubungi email admisi@sttb.ac.id atau Whatsapp: 0815 7336 0009.
  • Pengiriman form tidak dipungut biaya
  • Form dapat diperoleh secara hardcopy melalui pos atau secara softcopy melalui whatsapp/email sesuai permintaan pendaftar

TAHAP 2

Mengisi form dan mempersiapkan berkas lainnya

Mengisi 1 set formulir pendaftaran yang terdiri dari:

  • Form Pendaftaran
  • Form Kesaksian A (pertobatan pribadi)
  • Form Kesaksian B (panggilan pelayanan)
  • Form Data Kesehatan 1 & 2
  • Form Data Keluarga
  • Form Konfirmasi Dukungan Pembiayaan Studi
  • Form Persetujuan 1 & 2
  • Form Rekomendasi 1 (dari gembala/pembina rohani)
  • Form Rekomendasi 2 (dari teman/rekan kerja)
  • Form Rekomendasi 3 (dari guru, dosen/atasan)

Bila ingin mengajukan permohonan beasiswa mohon hubungi petugas kami untuk memperoleh form pengajuan beasiswa (lihat data kontak  petugas pada halaman berikutnya mengenai beasiswa).

Form dapat diisi secara digital, tidak perlu dicetak (diprint). Tanda tangan tetap wajib dicantumkan secara digital.

Melampirkan dokumen-dokumen tambahan yang juga menjadi syarat pendaftaran:

  • Fotocopy Akte Kelahiran
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pasfoto terbaru berwarna ukuran 4 x 6
  • Fotocopy Surat Kelulusan/Ijazah dan
  • Fotocopy Raport terakhir/transkrip yang dilegalisir
  • Fotocopy surat baptis dan surat sidi
  • Fotocopy Kartu BPJS atau Kartu Indonesia Sehat atau Asuransi Kesehatan
  • Paper Akademik/Book review bagi pendaftar program studi S2
  • Bila belum memiliki KTP harap cantumkan kartu pelajar
  • Bila ijazah belum terbit karena tanggal ujian belum berlangsung ketika Anda mendaftar, mohon sertakan surat keterangan dari sekolah Anda bahwa Anda adalah pelajar kelas 3 yang akan menempuh ujian akhir
  • Bagi mahasiswa pindahan dari STT lain wajib menyerahkan surat pindah/keluar dari STT tersebut dan menyerahkan transkrip terakhir
  • Bila gereja tempat Anda dibaptis memiliki baptis anak dan baptis sidi maka surat baptis sidi wajib dilampirkan (2 surat baptis)
  • Bila tidak memiliki BPJS atau KIS maka Anda harus menyertakan surat pernyataan dari orang tua/pribadi bahwa mereka akan menanggung biaya kesehatan atau pengobatan calon mahasiswa

Mengirimkan berkas-berkas pendaftaran (sudah lengkap) sebelum periode pendaftaran berakhir ke alamat STT Bandung dan ditujukan kepada:

Bagian Admisi – Kantor STT Bandung

Jl. Dr. Djunjunan 105

Kelurahan Cicendo Kecamatan Andir,

Bandung, Jawa Barat 40173

Bagian Admisi STT Bandung akan menghubungi calon mahasiswa melalui email atau WhatsApp untuk mengkomunikasikan status dan kelengkapan pendaftaran calon mahasiswa maksimal 3 hari kerja setelah berkas diterima.

Berkas dapat dikirimkan secara hardcopy melalui pos atau secara softcopy. Berkas yang dikirimkan dalam bentuk softcopy dikirim melalui email: admisi@sttb.ac.id atau melalui whatsapp: 0815 7336 0009 (dokumen-dokumen lampiran bisa discan/ difoto dengan jelas).

Jika belum mendapatkan email atau WhatsApp pemberitahuan, calon mahasiswa dapat menghubungi Bagian Admisi STT Bandung di 0815 7336 0009 atau melalui email: admisi@sttb.ac.id

TAHAP  3

Membayar Biaya Pendaftaran & Tes Masuk

Membayar biaya formulir pendaftaran sebesar Rp500,000.- (wajib ditransfer ke rekening BCA an. Yayasan STT Bandung, ac: 282 300 5555). Biaya pendaftaran tidak dapat dikembalikan. Berkas yang tidak disertai biaya pendaftaran tidak akan diproses untuk tes masuk.
Mengirimkan bukti transfer melalui link sttb.ac.id/konfirmasi atau via WA: 0815 7336 0009

LANGKAH 4

Mengikuti Tes Seleksi Penerimaan

Berkas pendaftaran yang telah dikumpulkan akan diseleksi oleh Direktur Admisi STT Bandung. Setelah seleksi dokumen, surat panggilan tes dan instruksi detil mengenai pelaksanaan tes masuk akan dikirimkan via email dan pendaftar akan menerima notifikasi melalui Whatsapp.

Bila dokumen memenuhi persyaratan dan pembayaran telah dilunasi maka pendaftar akan menerima surat tes masuk.

Pendaftar yang berkasnya tidak lolos seleksi dokumen pendaftaran tidak akan dipanggil untuk ikut tes.

Mengikuti 5 Tes Penerimaan Online yang meliputi:

  1. Psikotes (3 tahapan tes):
    1. Pengisian Form
    2. Tes Bersama
  • Wawancara dengan Psikolog

Psikotes bertujuan mengukur tingkat kecerdasan, sikap dan cara kerja, emosi,  relasi sosial calon mahasiswa.

  1. Pengetahuan Teologi

Tes Pengetahuan Teologi menguji pengetahuan calon mahasiswa mengenai tokoh-tokoh Alkitab, ayat-ayat penting dalam Alkitab, serta pemahaman iman Kristen calon mahasiswa.

  1. Bahasa Indonesia

Tes Bahasa Indonesia menguji kemampuan calon mahasiswa dalam menyusun tata bahasa yang baik, memahami bacaan dan menuliskan ide-ide dalam bahasa Indonesia.

  1. Bahasa Inggris

Tes Bahasa Inggris menguji kemampuan calon mahasiswa untuk memahami tata bahasa, bacaan dan menuliskan ide-ide dalam bahasa Inggris.

  1. Wawancara (dengan dosen STTB)

Wawancara memiliki penilaian terbesar dalam tes masuk untuk menguji keseriusan panggilan dan rencana pelayanan mahasiswa di masa depan.

  • Bila belum memiliki KTP harap cantumkan kartu pelajar
  • Bila ijazah belum terbit karena tanggal ujian belum berlangsung ketika Anda mendaftar, mohon sertakan surat keterangan dari sekolah Anda bahwa Anda adalah pelajar kelas 3 yang akan menempuh ujian akhir
  • Bagi mahasiswa pindahan dari STT lain wajib menyerahkan surat pindah/keluar dari STT tersebut dan menyerahkan transkrip terakhir
  • Bila gereja tempat Anda dibaptis memiliki baptis anak dan baptis sidi maka surat baptis sidi wajib dilampirkan (2 surat baptis)
  • Bila tidak memiliki BPJS atau KIS maka Anda harus menyertakan surat pernyataan dari orang tua/pribadi bahwa mereka akan menanggung biaya kesehatan atau pengobatan calon mahasiswa

LANGKAH 5

Pengumuman Penerimaan & Konfirmasi MABA

Dalam kurun waktu 2-3 minggu setelah tanggal tes terakhir, pendaftar akan menerima pemberitahuan hasil penerimaan. Surat keputusan penerimaan akan dikirimkan melalui email dan notifikasi diberikan melalui Whatsapp.
Calon mahasiswa yang diterima wajib mengisi dan mengembalikan formulir konfirmasi untuk menjadi mahasiswa yang dikirimkan oleh petugas admisi STTB. Form konfirmasi (menyatakan bersedia menjadi mahasiswa) dikirimkan kembali kepada pihak STTB melalui email.
Mahasiswa baru menyelesaikan pembayaran uang kuliah dan administrasi pertama lalu mengikuti proses orientasi. Mahasiswa resmi diterima dan selanjutnya proses studi mahasiswa akan ditangani oleh bagian kemahasiswaan & akademik.

BANTUAN INFORMASI & PENGEMBALIAN BERKAS:

0815 7336 0009

admisi@sttb.ac.id

MARI BERGABUNG DALAM EVENT ADMISI STTB

BANTUAN INFORMASI & PENGEMBALIAN BERKAS:

MARI BERGABUNG DALAM EVENT ADMISI STTB

0815 7336 0009

admisi@sttb.ac.id