English English Bahasa Indonesia Indonesia

Magister Pendidikan Kristen

Program studi Magister Pendidikan di Sekolah Tinggi Teologi Bandung ditujukan untuk memperlengkapi pemimpin dan pendidik di sekolah, gereja, atau lembaga pelayanan Kristen lainnya dengan fondasi biblika – teologis yang solid serta teori pendidikan dan formasi spiritualitas untuk berkarya secara transformatif dalam dunia pendidikan Kristen di Indonesia.

M.Pd.

Profil Lulusan

Transformative Educational Leaders

  • Informed

Memiliki fondasi biblika – teologis dan pendidikan yang solid dalam mengembangkan pendidikan Kristen yang holistik dan integratif .

  • Transformed

Memiliki transformasi hidup yang berpusatkan kepada Kristus dan karakter yang dewasa .

  • Transformative

Memiliki kecakapan memimpin dan merancang pendidikan Kristen yang transformatif.

PROGRAM

STUDI

Sarjana Teologi

Sarjana Pendidikan Kristen

Magister Teologi Pelayanan Pastoral Gereja Urban

Magister Teologi Transformasi Budaya & Masyarakat

Magister Pendidikan Kristen

Magister Ministri Marketplace

Magister Ministri Kepemimpinan Pastoral

Magister Ministri Teologi & Pelayanan Gerejawi

KATEGORI Mata Kuliah

  • Mata Kuliah Fondasi

(12 SKS)

  • Mata Kuliah Inti

(16 SKS)

  • Konsentrasi : Desain Pembelajaran

(9 SKS)

  • Konsentrasi : Kepemimpinan Pendidikan

(9 SKS)

  • Mata Kuliah Elektif

(6 SKS)

  • Mata Kuliah Penelitian

(17 SKS)

MAGISTER Pendidikan Kristen

Informasi Perkuliahan

Persyaratan

  • Minimal lulusan S1 dari semua jurusan
  • Sudah baptis dewasa/sidi
  • Pernah terlibat pelayanan sekolah/gereja/lembaga Kristen minimal selama 2 tahun
  • Memiliki kemampuan dasar Bahasa Inggris yang baik, terutama membaca dan memahami teks berbahasa Inggris
  • Memenuhi seluruh prosedur pendaftaran yang berlaku di STTB
  • Menyerahkan book review

Jumlah Kredit

60 SKS

Masa Studi

2 tahun

Sistem Perkuliahan

  • Kuliah dimulai pada bulan Agustus (Semester Ganjil)
  • Mata kuliah diajarkan secara block teaching (intensif) dengan 1 Semester berisi 5 mata kuliah. 1 Mata Kuliah diadakan Onsite setiap semester:

            *jadwal ini bisa berubah tergantung pada kesepakatan kelas bersama dosen

Daftar Mata Kuliah

Mata Kuliah Fondasi

Mata Kuliah
1
Fondasi Teologi Sistematika
2
Fondasi Perjanjian Baru
3
Fondasi Perjanjian Lama
4
Hermeneutika
Total
SKS
1
3
2
3
3
3
4
3
12

Mata Kuliah Inti

Mata Kuliah
1
Teologi Natur Manusia
2
Sejarah, Filosofi dan Teologi Pendidikan Kristen
3
Psikologi Perkembangan & Pendidikan
4
Transformasi Spiritualitas Pendidikan
5
Pendidikan Berbasis Keluarga
6
Mentoring Perjalanan Studi
Total
SKS
1
3
2
3
3
3
4
3
5
3
6
1
16

Konsentrasi : Desain Kurikulum

Mata Kuliah
1
Desain & Pengembangan Kurikulum
2
Evaluasi Pembelajaran
3
Desain Strategi & Media Pembelajaran
Total
SKS
1
3
2
3
3
3
9

Konsentrasi : Kepemimpinan Pendidikan

Mata Kuliah
1
Fondasi Kepemimpinan Pendidikan Kristen
2
Manajemen Pendidikan Entrepreneurial
3
Pengelolaan dan Pengembangan SDM
Total
SKS
1
3
2
3
3
3
9

Mata Kuliah Elektif

Mata Kuliah
1
Elektif 1
2
Elektif 2
Total
SKS
1
3
2
3
6

Mata Kuliah Penelitian

Mata Kuliah
1
Penulisan Akademik
2a
Metodologi Pendidikan Kualitatif
2b
Metodologi Penelitian Proyek Kreatif
3
Proposal
4
Tugas Akhir: Tesis / Proyek Kreatif
Total
SKS
1
3
2a
3
2b
3
3
3
4
8
17

Mata Kuliah Fondasi

Mata Kuliah / SKS
Fondasi Teologi Sistematika
3
Fondasi Perjanjian Baru
3
Fondasi Perjanjian Lama
3
Hermeneutika
3
Total
12

Mata Kuliah Inti

Mata Kuliah / SKS
Teologi Natur Manusia
3
Sejarah, Filosofi dan Teologi Pendidikan Kristen
3
Psikologi Perkembangan & Pendidikan
3
Transformasi Spiritualitas Pendidikan
3
Pendidikan Berbasis Keluarga
3
Mentoring Perjalanan Studi
1
Total
16

Konsentrasi : Desain Kurikulum

Mata Kuliah / SKS
Desain & Pengembangan Kurikulum
3
Evaluasi Pembelajaran
3
Desain Strategi & Media Pembelajaran
3
Total
9

Konsentrasi : Kepemimpinan Pendidikan

Mata Kuliah / SKS
Fondasi Kepemimpinan Pendidikan Kristen
3
Manajemen Pendidikan Entrepreneurial
3
Pengelolaan dan Pengembangan SDM
3
Total
9

Mata Kuliah Elektif

Mata Kuliah / SKS
Elektif 1
3
Elektif 2
3
Total
6

Mata Kuliah Penelitian

Mata Kuliah / SKS
Penulisan Akademik
3
Metodologi Pendidikan Kualitatif
3
Metodologi Penelitian Proyek Kreatif
3
Proposal
3
Tugas Akhir: Tesis / Proyek Kreatif
8
Total
17

Mata Kuliah Fondasi

Fondasi Teologi Sistematika (3 SKS)

Mata kuliah ini merupakan pengantar kepada Teologi Sistematika yang mempelajari intisari dan doktrin – doktrin dasar kekristenan yang mencakup: Doktrin Allah, Kristus, Roh Kudus, Alkitab dan Pewahyuan, Manusia dan Dosa, Keselamatan, serta implikasi doktrin – doktrin tersebut dalam pendidikan Kristen.

Fondasi Perjanjian Lama (3 SKS)

Studi kitab-kitab PL, dengan perhatian khusus atas latar belakang sejarah dan budaya, penulis, pembaca pertama, dan tema-tema utama kitab-kitab PL, sebagai landasan bagi pengembangan sudut pandang Alkitabiah (biblical worldview) dalam menyikapi berbagai tantangan dalam kehidupan Kristen di masa kini di dunia kerja (marketplace).

Fondasi Perjanjian Baru (3 SKS)

Studi kitab-kitab PB, dengan perhatian khusus atas latar belakang sejarah dan budaya, penulis, pembaca pertama, tema utama, dan teologi dari kitab-kitab PB, sebagai landasan bagi pengembangan sudut pandang Alkitabiah (biblical worldview) dalam menyikapi berbagai tantangan dalam kehidupan Kristen di masa kini di dunia kerja (marketplace).

Hermeneutika (3 SKS)

Studi tentang prinsip-prinsip penafsiran Alkitab dan penerapan praktis dalam hidup keseharian, sesuai dengan konteks literatur dan historical-grammatical tiap bagian teks yang dipelajari.

Mata Kuliah Inti

Teologi Natur Manusia (3 SKS)

Mengupas natur manusia dari dimensi struktural dan fungsionalnya dengan menerapkan pendekatan integratif antara teologi dengan ilmu – ilmu pengetahuan lainnya, agar memahami kapasitas, kompleksitas dan inter – relasi antar setiap aspek kehidupan manusia. Pemahaman ini berimplikasi pada signifikansi hubungan mengenal dan dikenal antara pendidik dengan peserta didik sebagai manusia pembelajar yang ditransformasi untuk menjadi serupa gambar Allah yang mulia.

Sejarah, Filosofi dan Teologi Pendidikan Kristen (3 SKS)

Mempelajari perkembangan sejarah pendidikan Kristen mulai dari awal mula pendidikan Yahudi sebagai akar pendidikan Kristen hingga pendidikan zaman modern sekarang ini. Pembahasan mencakup karakteristik dan pergumulan dari setiap zaman yang ditandai dengan munculnya para tokoh pendidikan Kristen beserta dengan filosofi dan teologi di dalamnya. Perhatian khusus diberikan untuk perkembangan pendidikan Kristen dalam konteks keluarga, gereja, dan sekolah.

Psikologi Perkembangan dan Pendidikan (3 SKS)

Mempelajari teori – teori utama perkembangan dan perilaku dari aspek kognitif, sosial emosional, moral, religius, serta implikasinya dalam praktik pendidikan Kristen.

Transformasi Spiritualitas Pendidikan (3 SKS)

          Mempelajari teori – teori utama perkembangan dan perilaku dari aspek kognitif, sosial emosional, moral, religius, serta implikasinya dalam praktik pendidikan Kristen.

Pendidikan Berbasis Keluarga (3 SKS)

Mempelajari prinsip – prinsip biblika/teologis pernikahan dan keluarga Kristen, pentingnya pendidikan berbasis keluarga serta kolaborasinya dengan sekolah dan gereja dalam membentuk kehidupan anak yang berdampak bagi pertumbuhannya yang utuh.

Mentoring Perjalanan Studi (1 SKS)

Peserta didik akan dipandu untuk merekap, mengevaluasi, dan merencanakan pembelajaran pribadi mulai dari semester pertama sampai menyelesaikan semua mata kuliah dan siap masuk ke dalam tugas akhir. Portofolio tersebut bertujuan seperti peta perjalanan studi untuk mendokumentasikan perkembangan proses pembelajaran yang dijalani dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Konsentrasi : Desain Kurikulum & Pembelajaran

Desain dan Pengembangan Kurikulum (3 SKS)

Mempelajari tentang prinsip – prinsip dan proses pengembangan kurikulum dalam ranah pendidikan formal, non – formal, dan informal agar dapat mengembangkan keterampilan merancang kurikulum yang berwawasan Alkitabiah. Kelas ini disertai praktik merancang tujuan pembelajaran yang terukur yang berpusat pada peserta didik agar mampu menjadi pembelajar seumur hidup yang kritis dan kreatif. Aplikasi teknologi digital (AI) akan menjadi bagian pendukung dalam merancang tujuan pembelajaran tersebut.

Evaluasi Pembelajaran (3 SKS)

Mata kuliah ini akan mempelajari asesmen dalam pendidikan Kristen untuk mengumpulkan informasi dan bukti – bukti yang cukup guna mengukur ketercapaian dari tujuan pembelajaran (learning outcomes) yang ditetapkan. Mata kuliah ini akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk merancang penilaian formatif dan sumatif yang berdiferensiasi, serta menyusun portofolio peserta didik.

Desain Strategi dan Media Pendidikan (3 SKS)

Membahas beberapa model dan strategi pembelajaran yang melibatkan pendekatan mengajar berdiferensiasi. Mata kuliah ini didesain untuk memberikan pengalaman belajar kepada  mahasiswa dalam merancang kegiatan belajar yang relevan dengan konteks peserta didik, terkini, serta menantang dan bermakna.

Konsentrasi : Kepemimpinan Pendidikan

Fondasi Kepemimpinan Pendidikan Kristen (3 SKS)

Memperlengkapi pemimpin pendidik Kristen dengan pengetahuan, keterampilan, serta kemampuan bersikap dan bertindak untuk menjadi pemimpin yang responsif dan transformatif. Kelas ini mencakup fondasi biblika/teologis kepemimpinan Kristen, teori dan hasil penelitian terkini beserta implikasinya dalam kepemimpinan di sekolah, gereja, dan parachurch, serta analisis perjalanan formasi kepemimpinan yang memerlukan pengembangan lanjut untuk menjadi pemimpin yang lebih baik.

Manajemen Pendidikan Berjiwa Wirausaha (3 SKS)

Memperlengkapi pemimpin pendidik Kristen dengan kemampuan perencanaan strategis, koordinasi, dan implementasi praktis yang mengintegrasikan berbagai aspek sumber daya secara optimal untuk memberi dampak positif serta keberlangsungan hidup jangka panjang sesuai visi misi institusi.

Sumber Daya Manusia yang Berdaya-kembang (3 SKS)

Memperlengkapi pemimpin pendidik Kristen dengan kemampuan supervisi, mentoring, dan asesmen untuk dapat memberikan intervensi serta merencanakan pengembangan profesional yang berdiferensiasi bagi para pekerja dalam konteks sekolah, gereja, dan parachurch.

Mata Kuliah Pilihan

Elektif 1 dan 2 (3 SKS)

Peserta didik dapat memilih salah satu mata kuliah integratif dengan mengikuti kuliah di prodi lain (pada jenjang magister) sesuai dengan minat yang akan memperkaya wawasan dan mengembangkan kompetensinya sebagai pendidik Kristen. Mahasiswa juga dapat mengambil matakuliah Isu – Isu Kontemporer di program studi Magister Pendidikan yang diadakan sesuai kebutuhan yang relevan dengan konteks pendidikan Kristen di Indonesia.

Mata Kuliah Penelitian

Penulisan Akademik (3 SKS)

Kuliah ini akan membantu mahasiswa untuk dapat melakukan riset literatur yang baik bagi penulisan tugas paper dan tugas akhir serta menuliskannya dengan terstruktur sehingga dapat dipublikasikan dalam publikasi ilmiah.

a. Metodologi Penelitian Kualitatif (3 SKS)

Mata kuliah Metode Penelitian Kualitatif menolong peserta didik untuk memahami landasan teoritis dan memperoleh keterampilan praktis dalam melakukan riset ilmiah dengan pendekatan kualitatif dalam konteks pendidikan Kristen. Materi pembelajaran mencakup pemahaman tentang apa itu riset kualitatif, jenis – jenis riset kualitatif, metode pengumpulan dan analisis data, serta penyajian hasil temuan dalam kaitan dengan teori dan penelitian terdahulu maupun implikasi praktis.

* Metodologi Penelitian Kuantitatif dapat diadakan jika jumlah mahasiswa yang berminat mencukupi.

b. Metodologi Penelitian Proyek Kreatif (3 SKS)

Mata kuliah ini memperlengkapi untuk peserta didik untuk berpikir kritis, inovatif, realitis, dan analitis dalam memilih dan merancang tugas akhir berbasis proyek yang relevan dengan konteks pendidikan Kristen di Indonesia. Pembelajaran mencakup jenis – jenis proyek kreatif, model analisis, rumusan masalah, desain dan pengembangan, implementasi, dan evaluasi sebuah program/ prototipe/proyek.

Proposal (3 SKS)

Proposal tugas akhir dalam salah satu area studi yang menjadi ketertarikan mahasiswa, khususnya yang dianggap aktual untuk pergumulan dunia pendidikan Kristen di Indonesia, di bawah bimbingan seorang dosen pembimbing dengan memanfaatkan ilmu yang diperoleh selama studi.  Proposal tugas akhir dapat berupa penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas, proyek kreatif, prototipe, atau bentuk tugas akhir lainnya yang sejenis.

Tugas Akhir (8 SKS)

Sebuah tugas akhir dalam salah satu area studi yang menjadi ketertarikan mahasiswa, khususnya yang dianggap aktual untuk pergumulan dunia pendidikan Kristen di Indonesia masa kini, di bawah bimbingan seorang dosen pembimbing dengan memanfaatkan ilmu yang diperoleh selama studi.  Tugas akhir dapat berupa penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas, proyek kreatif, prototipe, atau bentuk tugas akhir lainnya yang sejenis.