Magister Pendidikan Kristen
Program studi Magister Pendidikan di Sekolah Tinggi Teologi Bandung ditujukan untuk memperlengkapi pemimpin dan pendidik di sekolah, gereja, atau lembaga pelayanan Kristen lainnya dengan fondasi biblika – teologis yang solid serta teori pendidikan dan formasi spiritualitas untuk berkarya secara transformatif dalam dunia pendidikan Kristen di Indonesia.
M.Pd.
Profil Lulusan
Transformative Educational Leaders
-
Informed
Memiliki fondasi biblika – teologis dan pendidikan yang solid dalam mengembangkan pendidikan Kristen yang holistik dan integratif .
-
Transformed
Memiliki transformasi hidup yang berpusatkan kepada Kristus dan karakter yang dewasa .
-
Transformative
Memiliki kecakapan memimpin dan merancang pendidikan Kristen yang transformatif.
PROGRAM
STUDI
Sarjana Teologi
Sarjana Pendidikan Kristen
Magister Teologi Pelayanan Pastoral Gereja Urban
Magister Teologi Transformasi Budaya & Masyarakat
Magister Pendidikan Kristen
Magister Ministri Marketplace
Magister Ministri Kepemimpinan Pastoral
Magister Ministri Teologi & Pelayanan Gerejawi
KATEGORI Mata Kuliah
- Mata Kuliah Fondasi
(12 SKS)
- Mata Kuliah Inti
(16 SKS)
- Konsentrasi : Desain Pembelajaran
(9 SKS)
- Konsentrasi : Kepemimpinan Pendidikan
(9 SKS)
- Mata Kuliah Elektif
(6 SKS)
- Mata Kuliah Penelitian
(17 SKS)
MAGISTER Pendidikan Kristen
Informasi Perkuliahan
Persyaratan
- Minimal lulusan S1 dari semua jurusan
- Sudah baptis dewasa/sidi
- Pernah terlibat pelayanan sekolah/gereja/lembaga Kristen minimal selama 2 tahun
- Memiliki kemampuan dasar Bahasa Inggris yang baik, terutama membaca dan memahami teks berbahasa Inggris
- Memenuhi seluruh prosedur pendaftaran yang berlaku di STTB
- Menyerahkan book review
Jumlah Kredit
60 SKS
Masa Studi
2 tahun
Sistem Perkuliahan
- Kuliah dimulai pada bulan Agustus (Semester Ganjil)
- Mata kuliah diajarkan secara block teaching (intensif) dengan 1 Semester berisi 5 mata kuliah. 1 Mata Kuliah diadakan Onsite setiap semester:
*jadwal ini bisa berubah tergantung pada kesepakatan kelas bersama dosen
Daftar Mata Kuliah
Mata Kuliah Fondasi
Mata Kuliah
1
2
3
4
SKS
1
2
3
4
Mata Kuliah Inti
Mata Kuliah
1
2
3
4
5
6
SKS
1
2
3
4
5
6
Konsentrasi : Desain Kurikulum
Mata Kuliah
1
2
3
SKS
1
2
3
Konsentrasi : Kepemimpinan Pendidikan
Mata Kuliah
1
2
3
SKS
1
2
3
Mata Kuliah Elektif
Mata Kuliah
1
2
SKS
1
2
Mata Kuliah Penelitian
Mata Kuliah
1
2a
2b
3
4
SKS
1
2a
2b
3
4
Mata Kuliah Fondasi
Mata Kuliah / SKS
Fondasi Teologi Sistematika
Fondasi Perjanjian Baru
Fondasi Perjanjian Lama
Hermeneutika
Total
Mata Kuliah Inti
Mata Kuliah / SKS
Teologi Natur Manusia
Sejarah, Filosofi dan Teologi Pendidikan Kristen
Psikologi Perkembangan & Pendidikan
Transformasi Spiritualitas Pendidikan
Pendidikan Berbasis Keluarga
Mentoring Perjalanan Studi
Total
Konsentrasi : Desain Kurikulum
Mata Kuliah / SKS
Desain & Pengembangan Kurikulum
Evaluasi Pembelajaran
Desain Strategi & Media Pembelajaran
Total
Konsentrasi : Kepemimpinan Pendidikan
Mata Kuliah / SKS
Fondasi Kepemimpinan Pendidikan Kristen
Manajemen Pendidikan Entrepreneurial
Pengelolaan dan Pengembangan SDM
Total
Mata Kuliah Elektif
Mata Kuliah / SKS
Elektif 1
Elektif 2
Total
Mata Kuliah Penelitian
Mata Kuliah / SKS
Penulisan Akademik
Metodologi Pendidikan Kualitatif
Metodologi Penelitian Proyek Kreatif
Proposal
Tugas Akhir: Tesis / Proyek Kreatif
Total
Mata Kuliah Fondasi
Fondasi Teologi Sistematika (3 SKS)
Mata kuliah ini merupakan pengantar kepada Teologi Sistematika yang mempelajari intisari dan doktrin – doktrin dasar kekristenan yang mencakup: Doktrin Allah, Kristus, Roh Kudus, Alkitab dan Pewahyuan, Manusia dan Dosa, Keselamatan, serta implikasi doktrin – doktrin tersebut dalam pendidikan Kristen.
Fondasi Perjanjian Lama (3 SKS)
Studi kitab-kitab PL, dengan perhatian khusus atas latar belakang sejarah dan budaya, penulis, pembaca pertama, dan tema-tema utama kitab-kitab PL, sebagai landasan bagi pengembangan sudut pandang Alkitabiah (biblical worldview) dalam menyikapi berbagai tantangan dalam kehidupan Kristen di masa kini di dunia kerja (marketplace).
Fondasi Perjanjian Baru (3 SKS)
Studi kitab-kitab PB, dengan perhatian khusus atas latar belakang sejarah dan budaya, penulis, pembaca pertama, tema utama, dan teologi dari kitab-kitab PB, sebagai landasan bagi pengembangan sudut pandang Alkitabiah (biblical worldview) dalam menyikapi berbagai tantangan dalam kehidupan Kristen di masa kini di dunia kerja (marketplace).
Hermeneutika (3 SKS)
Studi tentang prinsip-prinsip penafsiran Alkitab dan penerapan praktis dalam hidup keseharian, sesuai dengan konteks literatur dan historical-grammatical tiap bagian teks yang dipelajari.
Mata Kuliah Inti
Teologi Natur Manusia (3 SKS)
Mengupas natur manusia dari dimensi struktural dan fungsionalnya dengan menerapkan pendekatan integratif antara teologi dengan ilmu – ilmu pengetahuan lainnya, agar memahami kapasitas, kompleksitas dan inter – relasi antar setiap aspek kehidupan manusia. Pemahaman ini berimplikasi pada signifikansi hubungan mengenal dan dikenal antara pendidik dengan peserta didik sebagai manusia pembelajar yang ditransformasi untuk menjadi serupa gambar Allah yang mulia.
Sejarah, Filosofi dan Teologi Pendidikan Kristen (3 SKS)
Mempelajari perkembangan sejarah pendidikan Kristen mulai dari awal mula pendidikan Yahudi sebagai akar pendidikan Kristen hingga pendidikan zaman modern sekarang ini. Pembahasan mencakup karakteristik dan pergumulan dari setiap zaman yang ditandai dengan munculnya para tokoh pendidikan Kristen beserta dengan filosofi dan teologi di dalamnya. Perhatian khusus diberikan untuk perkembangan pendidikan Kristen dalam konteks keluarga, gereja, dan sekolah.
Psikologi Perkembangan dan Pendidikan (3 SKS)
Mempelajari teori – teori utama perkembangan dan perilaku dari aspek kognitif, sosial emosional, moral, religius, serta implikasinya dalam praktik pendidikan Kristen.
Transformasi Spiritualitas Pendidikan (3 SKS)
Mempelajari teori – teori utama perkembangan dan perilaku dari aspek kognitif, sosial emosional, moral, religius, serta implikasinya dalam praktik pendidikan Kristen.
Pendidikan Berbasis Keluarga (3 SKS)
Mempelajari prinsip – prinsip biblika/teologis pernikahan dan keluarga Kristen, pentingnya pendidikan berbasis keluarga serta kolaborasinya dengan sekolah dan gereja dalam membentuk kehidupan anak yang berdampak bagi pertumbuhannya yang utuh.
Mentoring Perjalanan Studi (1 SKS)
Peserta didik akan dipandu untuk merekap, mengevaluasi, dan merencanakan pembelajaran pribadi mulai dari semester pertama sampai menyelesaikan semua mata kuliah dan siap masuk ke dalam tugas akhir. Portofolio tersebut bertujuan seperti peta perjalanan studi untuk mendokumentasikan perkembangan proses pembelajaran yang dijalani dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
Konsentrasi : Desain Kurikulum & Pembelajaran
Desain dan Pengembangan Kurikulum (3 SKS)
Mempelajari tentang prinsip – prinsip dan proses pengembangan kurikulum dalam ranah pendidikan formal, non – formal, dan informal agar dapat mengembangkan keterampilan merancang kurikulum yang berwawasan Alkitabiah. Kelas ini disertai praktik merancang tujuan pembelajaran yang terukur yang berpusat pada peserta didik agar mampu menjadi pembelajar seumur hidup yang kritis dan kreatif. Aplikasi teknologi digital (AI) akan menjadi bagian pendukung dalam merancang tujuan pembelajaran tersebut.
Evaluasi Pembelajaran (3 SKS)
Mata kuliah ini akan mempelajari asesmen dalam pendidikan Kristen untuk mengumpulkan informasi dan bukti – bukti yang cukup guna mengukur ketercapaian dari tujuan pembelajaran (learning outcomes) yang ditetapkan. Mata kuliah ini akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk merancang penilaian formatif dan sumatif yang berdiferensiasi, serta menyusun portofolio peserta didik.
Desain Strategi dan Media Pendidikan (3 SKS)
Membahas beberapa model dan strategi pembelajaran yang melibatkan pendekatan mengajar berdiferensiasi. Mata kuliah ini didesain untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa dalam merancang kegiatan belajar yang relevan dengan konteks peserta didik, terkini, serta menantang dan bermakna.
Konsentrasi : Kepemimpinan Pendidikan
Fondasi Kepemimpinan Pendidikan Kristen (3 SKS)
Memperlengkapi pemimpin pendidik Kristen dengan pengetahuan, keterampilan, serta kemampuan bersikap dan bertindak untuk menjadi pemimpin yang responsif dan transformatif. Kelas ini mencakup fondasi biblika/teologis kepemimpinan Kristen, teori dan hasil penelitian terkini beserta implikasinya dalam kepemimpinan di sekolah, gereja, dan parachurch, serta analisis perjalanan formasi kepemimpinan yang memerlukan pengembangan lanjut untuk menjadi pemimpin yang lebih baik.
Manajemen Pendidikan Berjiwa Wirausaha (3 SKS)
Memperlengkapi pemimpin pendidik Kristen dengan kemampuan perencanaan strategis, koordinasi, dan implementasi praktis yang mengintegrasikan berbagai aspek sumber daya secara optimal untuk memberi dampak positif serta keberlangsungan hidup jangka panjang sesuai visi misi institusi.
Sumber Daya Manusia yang Berdaya-kembang (3 SKS)
Memperlengkapi pemimpin pendidik Kristen dengan kemampuan supervisi, mentoring, dan asesmen untuk dapat memberikan intervensi serta merencanakan pengembangan profesional yang berdiferensiasi bagi para pekerja dalam konteks sekolah, gereja, dan parachurch.
Mata Kuliah Pilihan
Elektif 1 dan 2 (3 SKS)
Peserta didik dapat memilih salah satu mata kuliah integratif dengan mengikuti kuliah di prodi lain (pada jenjang magister) sesuai dengan minat yang akan memperkaya wawasan dan mengembangkan kompetensinya sebagai pendidik Kristen. Mahasiswa juga dapat mengambil matakuliah Isu – Isu Kontemporer di program studi Magister Pendidikan yang diadakan sesuai kebutuhan yang relevan dengan konteks pendidikan Kristen di Indonesia.
Mata Kuliah Penelitian
Penulisan Akademik (3 SKS)
Kuliah ini akan membantu mahasiswa untuk dapat melakukan riset literatur yang baik bagi penulisan tugas paper dan tugas akhir serta menuliskannya dengan terstruktur sehingga dapat dipublikasikan dalam publikasi ilmiah.
a. Metodologi Penelitian Kualitatif (3 SKS)
Mata kuliah Metode Penelitian Kualitatif menolong peserta didik untuk memahami landasan teoritis dan memperoleh keterampilan praktis dalam melakukan riset ilmiah dengan pendekatan kualitatif dalam konteks pendidikan Kristen. Materi pembelajaran mencakup pemahaman tentang apa itu riset kualitatif, jenis – jenis riset kualitatif, metode pengumpulan dan analisis data, serta penyajian hasil temuan dalam kaitan dengan teori dan penelitian terdahulu maupun implikasi praktis.
* Metodologi Penelitian Kuantitatif dapat diadakan jika jumlah mahasiswa yang berminat mencukupi.
b. Metodologi Penelitian Proyek Kreatif (3 SKS)
Mata kuliah ini memperlengkapi untuk peserta didik untuk berpikir kritis, inovatif, realitis, dan analitis dalam memilih dan merancang tugas akhir berbasis proyek yang relevan dengan konteks pendidikan Kristen di Indonesia. Pembelajaran mencakup jenis – jenis proyek kreatif, model analisis, rumusan masalah, desain dan pengembangan, implementasi, dan evaluasi sebuah program/ prototipe/proyek.
Proposal (3 SKS)
Proposal tugas akhir dalam salah satu area studi yang menjadi ketertarikan mahasiswa, khususnya yang dianggap aktual untuk pergumulan dunia pendidikan Kristen di Indonesia, di bawah bimbingan seorang dosen pembimbing dengan memanfaatkan ilmu yang diperoleh selama studi. Proposal tugas akhir dapat berupa penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas, proyek kreatif, prototipe, atau bentuk tugas akhir lainnya yang sejenis.
Tugas Akhir (8 SKS)
Sebuah tugas akhir dalam salah satu area studi yang menjadi ketertarikan mahasiswa, khususnya yang dianggap aktual untuk pergumulan dunia pendidikan Kristen di Indonesia masa kini, di bawah bimbingan seorang dosen pembimbing dengan memanfaatkan ilmu yang diperoleh selama studi. Tugas akhir dapat berupa penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, penelitian tindakan kelas, proyek kreatif, prototipe, atau bentuk tugas akhir lainnya yang sejenis.